Sabtu, 12 Maret 2011

Dunia Terbukti Salah Prediksi Masa Depan Indonesia

JAKARTA - Saat badai ekonomi mendera pada tahun 1999, berbagai pihak dari dalam dan luar negeri meramalkan masa depan Indonesia bakal suram. Mereka memprediksikan lima skenario yang akan dijalani Indonesia. Di luar perkiraaan, Indonesia mampu bangkit dari keterpurukan.

"Skenario dibuat 10 tahun lalu, saat krisis moneter mendara Indonesia," ujar Presiden SBY dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR, Jumat (14/8/2009).

Berikut lima skenario masa depan Indonesia yang diramalkan pada tahun 1999. Pertama, akan terjadi balkanisasi di Indonesia, karena kuatnya sentimen kedaerahan. Kedua, Indonesia akan menjadi negara Islam garis keras.

Ketiga, Indonesia akan menjadi negara semi otoritarian. Keempat, Indonesia akan kembali menjadi negara otoritarian. Kelima, Indonesia mampu melalui badai perekonomian, sehingga kembali menjadi negara demokratis. Pilihan kelima merupakan skenario terakhir yang disebut hampir mustahil terwujud.

"Alhamdulillah kita bisa melalui tahun-tahun tersebut dengan selamat, sehingga Indonesia mampu menerapkan sistem demokrasi yang stabil," ungkapnya.

1 komentar:

  1. saya sebenarnya merindukan suasana ketentraman jaman dahulu, sekarang kayaknya lebih banyak 'Maling" di negara tercinta ini, kpn rayat indonesia bakal makmur?

    BalasHapus